• SMP MUH 3 WONOSOBO
  • Sekolah Berbasis IT, Islami, Cedas, Trampil, Mandiri, dan Berprestasi

Program Kerja

 

PROGRAM RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH

( RKKS )

TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

SMP MUHAMMADIYAH 3 WONOSOBO

JLN. RAYA WONOSOBO, PEKON SOPONYONO, KEC. WONOSOBO, KAB. TANGGAMUS

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN  TANGGAMUS

PROPINSI LAMPUNG

TAHUN 2019

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, Tanggamus untuk jangka menengah dan jangka panjang .

 

Kami semua menyadari bahwa RKKS SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo yang kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari berbagai pihak yang berkompeten dan berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan, khususnya di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, untuk perbaikan penyusunan RKS di masa yang akan datang .

 

Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan RKKS SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo  ini

 

Akhirnya kami berharap semoga RKS ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 wonosobo  untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 dan juga untuk kurun waktu 4 (empat) tahun ke depan, sehingga Visi dan Misi SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo dapat dicapai/di wujudkan dengan baik, semoga 

Tanggamus, 15 Juli 2019

Penyusun,

 

LINA YATI,S.Pd

 

DAFTAR ISI

Halaman Judul  ……………………………………………………………………………………….. … i

Halaman Pengesahan  ………………………………………………………………………………. … ii

Kata Pengantar  ………………………………………………………………………………………. … iii

Daftar Isi  …………………………………………………………………………………IV

BAB  I  :  PENDAHULUAN  ………………………………………………………………

  1. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Sekolah ……………………………………. … 1
  2. Tujuan dan Manfaat RKS …………………………………………………………………… …
  3. Landasan Hukum ………………………………………………………………………………. …

BAB  II  :  VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH  ………………………………..

  1. Visi Sekolah ……………………………………………………………………………………… …
  2. Misi Sekolah ………………………………………………………………………………………….
  3. Tujuan Sekolah ………………………………………………………………………………………

BAB  III  :  PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH  ……………………………

  1. Sasaran …………………………………………………………………………………………
  2. Program ………………………………………………………………………………………
  3. Indikator Keberhasilan  ……………………………………………………………………… …
  4. Kegiatan …………………………………………………………………………………………
  5. Jadwal Kegiatan ……………………………………………………………………………….. …
  6. Penanggung Jawab ……………………………………………………………………………. …

BAB  IV  :  PENUTUP  ……………………………………………………………….

  1. Simpulan …………………………………………………………………….
  2. Kesimpulan …………………………………………………………………  

  

BAB  I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya SMP Muhammadiyah 3 wonosobo

SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo berdiri sejak tahun 1980. Sekolah ini berdiri di Pekon Soponyono ,Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus. Sebagai Unit Sekolah di pedesaan, kondisi sekolah saat itu sangat terbatas baik pendidik, tenaga kependidikan, sarana prasarana, maupun fasilitas – fasilitas lainnya, namun dengan semangat dari dewan guru sehingga proses belajar dapat berjalan secara efktif dan efesien.

SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo  rupakan sekolah swasta  yang berada di Kecamatan Wonosobo, menempati tanah seluas  750 m2 / SHM. Lokasi sekolah strategis di pinggir jalan raya tp termasuk berada di pedesaan memberikan nuansa tenang karena jauh dari kebisingan kota serta sangat aman karena peran serta masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan sekolah dan masih memegang teguh semangat kekeluargaan, dan semangat gotong royong, sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi keberadaan sekolah, dimana masyarakat merasa ikut memiliki.

SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo hanya didukung oleh 6 Sekolah Dasar, di karenakan terbatas lokal sehingga Tahun Pelajaran 2019/2020 hanya menerima pendaftar peserta didik 4 lokal, yaitu  sejumlah 119  siswa.

Kondisi masyarakat lingkungan sekolah yang terletak didaerah pedesaan, boleh dikatakan masyarakat telah memiliki wawasan yang relatif memadai terhadap perkembangan kemajuan  pendidikan  di  daerah  itu. Akses menuju ke ibu kota  kecamatan kurang lebih 3 km, Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dan selebihnya sebagai Pedagang dan Pegawai Negeri dan karena SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo merupakan sekolah swasta yang berada di pekon Soponyono, maka masyarakat sangat mendukung untuk kemajuan sekolah ini.

Namun demikian kondisi sosial ekonomi orang tua atau wali siswa rata-rata menengah ke bawah, namun tingkat kepedulian cukup. Kondisi ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi perkembangan pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, misalnya partisipasi orang tua dalam hal pendanaan tidak ada, hal ini menyebabkan pengadaan sarana dan prasarana hanya bertumpu pada bantuan pemerintah. Dengan visi dan misi yang jelas, pelan namun pasti perkembangan pengadaan sarana dan prasaran pembelajaran dapat meningkat / bertambah meskipun secara bertahap.

Fasilitas yang dimiliki SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo lain ruang kelas sejumlah 10 ruang kelas, ruang guru 1, ruang kepala sekolah 0, rumah jaga 1, WC siswa 4, WC guru 0,  lapangan olah raga, dalam hal sarana pembelajaran SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo memiliki sarana untuk kegiatan pembelajaran, IPS, Matematika, dan oleh raga. SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo telah menerapkan Kurikulum 13 dan pada tahun 2013 dan telah memberlakukan implemetasi Kurikulum 2013 untuk kelas VII dan VIII, IX

SMP Muhammadiyah 3 wonosobo memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebagai berikut, tenaga guru sejumlah 34 orang , dan tenaga tata usaha 3 orang PTT. Kondisi guru di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo 100 % berkualifikasi ijazah S1 / Akta IV, selebihnya belum S1.

 

 Tujuan dan Manfaat RKKS

  1. Manfaat Penyusunan RKKS

Penyusunan RKKS/RKM merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS/RKM dapat digunakan sebagai:

1.1.   Pedoman kerja (kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah;

1.2. Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah; serta

1.3    Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah. 

   II.Tujuan Penyusunan RKKS

Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah  dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai.

 

  1. Landasan Hukum
  2. Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48
  3. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan 53
  4. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2
  5. Kepmendiknas 129a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan dalam 3.1

 

 

BAB  II

VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

 

  1. Visi :

“ Islami, Cedas, Trampil, Mandiri, dan Berprestasi”

 Indikator :

1.Unggul dalam pemahaman dan Pelaksanaan Ajaran Agama Islam

  1. Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
  2. Unggul dalam sistem pendidikan yang bertumpu pada IMTAQ (Iman dan Taqwa) serta IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
  3. Mampu Membangun kepercayaan dan kemitraan dengan Orang Tua Murid dan Masyarakat sekitar
    1. Misi :

Berdasar Visi tersebut, SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo menetapkan misi sebagai acuan pelaksanaan program yang akan dilaksanakan, visi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam bagi seluruh warga sekolah
  2. Melaksanakan pelayanan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
  3. Meningkatkan kinerja dan profesional guru dan pegawai dalam berbagai kegiatan
  4. Menumbuhkan semangat apresiasi seni, olah raga dan iptek pada seluruh warga sekolah
  1. Menjadikan siswa-siswa yang penuh kreatifitas, inovatif dan mampu menyerap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Menerapkan disiplin dalam berbagai kegiatan
  3. Mengoptimalkan pencapaian prestasi akademik dan non akademik

 

 

  1. Tujuan

Tujuan yang akan Dicapai SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo meliputi :

Tujuan Jangka Pendek :

1.Terwujudnya sekolah Islam yang berprestasi dalam penerapan nilai-nilai     keislaman

3.Terwujudnya lulusan yang berakhlaqul karimah

4.Terwujudnya lulusan yang mencintai Al Qur’an dan mampu membaca dengan baik dan benar.

5..Mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan bakat dan minat anak.

6.Menegakkan pelaksanaan tata tertib dan Kedisiplinan di sekolah.

7.Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, Sehat, nyaman dan kondusif untuk belajar

8.Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana

9.Terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antar warga sekolah dan

10.Terwujudnya lulusan yang berprestasi secara akademik dan non akademik

Tujuan Jangka Panjang :

  1. 90 % siswa mampu baca tulis Al Qur’an.
  2. 100% siswa melaksanakan shalat wajib 5 waktu
  3. 100% siswa melaksanakan shalat Dhuha
  4. 100 % siswa mampu mengoperasikan komputer.
  5. 100% lulusan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
  6. Berprestasi dalam lomba olah raga dan seni.
  7. Terciptanya suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan
  8. Memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan
  9. Kegiatan ekstrakurikuler diikuti oleh semua siswa
  10.   Tata Tertib Sekolah 100 % diketahui siswa dan dijalankan secara maksimal
  11. Terwujudnya kehidupan sekolah yang Islami.
  12. Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana 50%

   

  

BAB III

PROGRAM KERJA SEKOLAH

 

  1. SASARAN

Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.

Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran
    1. Tersedianya dokumen Kurikulum 13 seluruh mata pelajaran
    2. Guru paham tentang Kurikulum 13
    3. Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
    4. Guru paham dan mampu membuat PTK
    5. Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
    6. Meningkatnya minat baca siswa
    7. Perpustakaan yang representatif
    8. Guru paham tentang kecakapan hidup
  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah
    1. Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
    2. Semua guru NON PNS
    3. 3  guru NON PNS lolos sertifikasi
  1. Organisasi dan kelembagaan
    1. Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
    2. Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
  1. Sarana dan Prasarana
    1. Tersedianya Ruang Kepala sekolah dan wakil
    2. Tersedianya Ruang Guru
    3. Tersedianya Ruang TU
    4. Tersedianya Ruang UKS
    5. Tersedianya Ruang OSIS
    6. Tersedianya Gudang
    7. Tersedianya Tempat Parkir
    8. Tersedianya Kantin Dan Koperasi
    9. Tersedianya Ruang Kelas Baru
    10. Penyediaan air bersih

 

  1. Ketenagaan
    1. Tersedianya program kehumasan
    2. Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
    3. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
  1. Pembiayaan dan pendanaan
    1. Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
    2. Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
    3. Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
    4. Tersusunnya RKAS tepat waktu
    5. Adanya peningkatan Honorium guru
  1. Peserta Didik
    1. Penerimaan Siswa Baru
    2. Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakulkuer
  1. Peran serta Masyarakat
    1. Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
    2. Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
    3. Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah
    1. Pasang paping halaman sekolah
    2. Pembuatan taman sekolah
    3. Perbaikan WC
    4. Pembuatan tempat sampah
    5. Pembuatan UKS
    6. Pembuatan Kantin/Koperasi sekolah
    7. Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.

II.PROGRAM

Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan

Berikut ini kami uraikan program sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran
  • Pembuatan Kurikulum 13, Silbabus dan RPP
  • Peningkatan kompetensi guru
  • Pengadaan / penggantian buku pelajaran
  • Standar ideal jam mengajar
  • Penambahan buku-buku yang menarik
  • Penugasan studi literatur di perpustakaan

 

  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah
  • Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
  • Rapat Pembinaan
  1. Organisasi dan kelembagaan
  • Pembuatan usulan peraturan
  • Pembuatan program kerja
  1. Sarana dan Prasarana
  • Pembangunan Gudang
  • Pembuatan tempat Parkir
  • Pembuatan ruang OSIS
  • Pembuatan UKS
  • Pembuatan Kantin/Koperasi sekolah
  • Pembuatan Tempat sampah
  • Perbaikan WC
  • Pengadaan perabot pengganti
  • Pengadaan Ruang Kepala Sekolah
  • Pengadaan Ruang Guru,Wakil,dan Staff
  • Perbaikan perabot rusak
  • Pengadaan komputer untuk UNBK dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
  • Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
  1. Ketenagaan
  • Pembuatan program kehumasan
  • Sosialisasi pola kerjasama
  • Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung
  1. Pembiayaan dan pendanaan
  • Penyusunan RKAS
  • Menjalin kerjasama dengan stakeholder
  • Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
  • Kesejahteraan guru dan staff honorer
  1. Peserta Didik
  • Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru
  • Pelaksanaan Kegiatan Estrakurilkuler
  1. Peran serta Masyarakat
  • Sosialisasi program sekolah dan peran komite
  • Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
  • Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
  • Pertemuan dengan komite sekolah
  • Kerjasama dengan lembaga masyarakat
  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah
  • Pembuatan taman sekolah
  • Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

                                           INDIKATOR KEBERHASILAN

Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.

Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:

1.Kurikulum dan Pembelajaran

  1. Tersedianya dokumen Kurikulum 13 secara lengkap
  2. Guru mampu membuat dokumen KTSP
  3. Adanya Kurikulum 13
  4. Tersedianya silabus sekolah sesuai standar isi
  5. Tersedianya literatur tambahan
  6. Jam mengajar guru Sertifikasi minimal 24 jam
  7. Tersedianya buku pelajaran

2.Administrasi dan Manajemen Sekolah

  1. Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah
  1. Guru-guru NON PNS  lolos sertifikasi

3.Organisasi dan kelembagaan

  1. Usulan peraturan terbentuk
  1. Terselesaikannya program kerja

4.Sarana dan Prasarana

1.Tersedianya ruang Kepala sekolah

  1. Tersedianya Ruang Guru
  2. Tersedianya Ruang Staff
  3. Tersedianya Ruang UKS
  4. Tersedianya Ruang OSIS

7.Tersedianya ruang Perpustakaan

  1. Penggantian dan perbaikan perabot rusak

9.Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi

10.Laboran terampil menggunakan lab IPA

11.Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan

13.Tersedianya Musola

14.Tersedianya air bersih yang memadai

15.Tersedianya Kantin

5.Ketenagaan

1.Terbuatnya program kehumasan

2.Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

3.Pembiayaan dan pendanaan

4.Jumlah siswa baru meningkat

5.Tersusunnya RKABS tepat waktu

6.Adanya peningkatan Kesejahteraan Guru dan Staff

6.Peserta Didik

1.Terselenggarannya kegiatan PSB

2.Terselenggaranya kegiatan Ekstrakurikuler

7.Peran serta Masyarakat

1.Komite memahami tugas dan perannya

      2.Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi

      3.Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah

      4.Adanya pertemuan rutin dengan komite

8.Lingkungan dan Budaya Sekolah

     1.Pembuatan taman sekolah

  1. Pemasangan Cor/ Paping
  2. Pembuatan tempat sampah sekolah

     4.Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stokholder sekolah untuk       terciptanya lingkungan yang aman.

  

                                                                 KEGIATAN

Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan, dan dapat diperkirakan biaya atau anggarannya.

Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan sekolah per-kategori:

1.Kurikulum dan Pembelajaran

  1. Rapat Rutin Pembinaan
  2. Pelaksanaan pembuatan Kurikulum 13, Silabus dan RPP
  3. Pengadaan buku-buku pelajaran
  4. Pengadaan literatur tambahan
  5. Penyesuaian jam mengajar

2.Administrasi dan Manajemen Sekolah

  1. Rapat koordinasi guru dan karyawan

       2.Pembinaan

       3.Pembagian Tugas Administrasi

3.Organisasi dan kelembagaan

        1.Koordinasi dan pembuatan usulan peraturan sekolah

         2.Pembuatan Program Kerja

4.Sarana dan Prasarana

  1. Pengadaaan Ruang Kepala Sekolah
  1. Pengadaan Ruang Guru dan Staff TU
  2. Pengadaan Tempat parkir
  3. Pengadaan Gudang
  4. Pengadaaan Ruang perpustakaan
  5. Pengadaan Paping/cor halaman sekolah
  6. Perbaikan Toilet guru dan siswa
  7. Pembuatan Tempat sampah
  8. Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana
  9. Pengadaan dan Perbaikan komputer dan printer

5.Ketenagaan

       1.Penyusunan program kehumasan

       2.Sosialisasi pola kerjasama

       3.Pengajuan tambahan tenaga pendukung

 6.Pembiayaan dan pendanaan

    1.Meningkatkan kualitas pelayanan sekolah

     2.Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah

     3.Pembuatan program kerjasama dengan pihak lain

     4.Peningkatan kerjasama dengan stakeholder

     5.Penyusunan RKAS

 7.Peserta Didik

    1.Pelaksanaan penerimaan siswa baru

     2.Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah

     3.Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

8.Peran serta Masyarakat

   1.Mengundang semua orang tua siswa

   2.Membentuk pengurus komite sekolah

   3.Sosialisasi program sekolah

   4.Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan sekolah

   5.Melibatkan komite dalam program-program sekolah

   6.Pertemuan dengan komite

   7.Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

 

9.Lingkungan dan Budaya Sekolah

   1.Selesainya Pembuatan taman sekolah

  1. Pemasangan paping / cor halaman sekolah

   3.Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk      terciptanya lingkungan yang aman.

 

JADWAL KEGIATAN

Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki sekolah/madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.

Berikut ini kami tampilkan kegiatan sekolah:

 

TABEL JADWAL KEGIATAN

 

NO.

SASARAN

PROGRAM

SEMESTER 1

SEMESTER 2

1

Kurikulum dan Pembelajaran

Pembuatan Kurikulum 13, Silbabus dan RPP

 

2

Kurikulum dan Pembelajaran

Peningkatan kompetensi guru

3

Kurikulum dan Pembelajaran

Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran

4

Kurikulum dan Pembelajaran

Standar ideal jam mengajar

5

Kurikulum dan Pembelajaran

Penambahan buku-buku yang menarik

 

6

Kurikulum dan Pembelajaran

Penugasan studi literatur di perpustakaan

7

Guru

Peningkatan kompetensi guru

8

Guru

Standar ideal jam mengajar

 

9

Perpustakaan

Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan

 

10

Administrasi dan Manajemen Sekolah

Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan

 

11

Administrasi dan Manajemen Sekolah

Rapat Pembinaan

12

Organisasi dan Kelmabagaan

Pembuatan usulan peraturan

13

Organisasi dan Kelmabagaan

Pembuatan program kerja

14

Sarana dan Prasarana

Pembangunan Ruang Kelas Baru

   

15

Sarana dan Prasarana

Pembangunan Ruang Lab Komputer

 

16

Sarana dan Prasarana

Pengadaan perabot pengganti

17

Sarana dan Prasarana

Perbaikan perabot rusak

 

 pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA

 

18

Sarana dan Prasarana

Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.

 

19

Sarana dan Prasarana

Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan computer

 

20

Ketenagaan

Pembuatan program kehumasan

21

 

Sosialisasi pola kerjasama

 

22

Pembiayaan dan pendanaan

 

Penyusunan RKAS

 

23

Pembiayaan dan pendanaan

Menjalin kerjasama dengan stakeholder

24

Pembiayaan dan pendanaan

Komunikasi yang intensif dengan stakeholder

 

25

Pembiayaan dan pendanaan

Kesejahteraan pegawai khususnya Guru dan Staff

32

Peserta didik

Pelaksanaan penerimaan siswa baru

33

Peserta didik

Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah

34

Peserta didik

Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

36

Peran serta Masyarakat

Sosialisasi program sekolah dan peran komite

37

Peran serta Masyarakat

Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite

38

Peran serta Masyarakat

Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah

39

Peran serta Masyarakat

Pertemuan dengan komite sekolah

40

Peran serta Masyarakat

Kerjasama dengan lembaga masyarakat

41

Lingkungan dan Budaya Sekolah

Pembuatan taman sekolah

42

Lingkungan dan Budaya Sekolah

Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 PENANGGUNG JAWAB

Setelah program dirumuskan, maka perlu ditentukan siapa penanggung jawab program. Penanggung jawab program adalah perseorangan yang ditunjuk untuk mengkoordinir pelaksanaan program sesuai dengan bidangnya.

Berikut ini kami uraikan mengenai penanggung jawab tiap program sekolah yang akan dilaksanakan:

 

TABEL PENANGGUNG JAWAB PROGRAM

 

NO.

PROGRAM

PENANGGUNG JAWAB

1

Pembuatan Kurikulum 13, Silbabus dan RPP

 

Kepala Sekolah dan Urusan Kurikulum

2

Peningkatan kompetensi guru

Kepala Sekolah

3

Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran

Kepsek dan Urusan Sarana dan prasrana

4

Standar ideal jam mengajar

Kepala Sekolah dan Wakasek

5

Penambahan buku-buku yang menarik

Urusan kurikulum dan Sarpras

6

Penugasan studi literatur di perpustakaan

Semua Guru

7

Peningkatan kompetensi guru

Kepala Sekolah

8

Standar ideal jam mengajar

Wakasek dan Urusan Kurikulum

9

Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan

Kepala Sekolah

10

Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan

Kepala Sekolah

11

Rapat Pembinaan

Wakasek dan Urusan kesiswaan

12

Pembuatan usulan peraturan

Kepala Sekolah

13

Pembuatan program kerja

Kepsek dan semua urusan

14

Pembangunan Ruang Kelas Baru

Kepsek

15

Pembangunan Ruang Lab Komputer

Kepsek, Wakasek,Waka Sapras

16

Pengadaan perabot pengganti

Urusan  Sarana

17

Perbaikan perabot rusak

Urusan sarana

18

pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA

Kepala Sekolah dan urusan sarana

Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.

Kepala Sekolah dan urusan sarana

19

Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer

Wakasek dan urusan sarana

Pembuatan program kehumasan

Urusan humas

Sosialisasi pola kerjasama

Kepala sekolah dan urusan humas

Penyusunan RKAS

Kepala Sekolah dan Bendara BOS

20

Menjalin kerjasama dengan stakeholder

Urusan humas

Komunikasi yang intensif dengan stakeholder

Urusan humas

Kesejahteraan pegawai khususnya TKS

Kepsek dan Bendahara BOS

21

Pelaksanaan penerimaan siswa baru

Urusan  Kesiswaan

Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah

Wali Kelas, dan Urusan Kesiswaan

22

Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Guru Pembina Ekstrakurikulet, Urusan Kesiswaa dan OSIS

23

Sosialisasi program sekolah dan peran komite

Kepsek danUrusan Humas

Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite

Urusan  Humas

Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah

Urusan Humas

24

Pertemuan dengan komite sekolah

Kepsek dan  Humas

25

Kerjasama dengan lembaga masyarakat

Wakasek Humas

Pembuatan taman sekolah

Wakasek Humas dan Sarana

26

Menanamkan kesadaran perlunya kterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

Urusan Kesiswaan,  Kaur TU

 

  

 

BAB  VI

PENUTUP

  1. Simpulan
  2. Keberhasilan dan kelancaran suatu kegiatan diperlukan sarana penunjang yang lengkap, perencanaan yang matang dan pembagian     tugas yang jelas.
  3. Agar semua hambatan yang mungkin timbul dapat dikurangi semaksimal mungkin diperlukan pengawasan dan pembinaan yang  baik disertai rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dari  seluruh aparat pelaksana.
  4. Pengumpulan data yang akurat dan ketelitian dalam setiap melaksanakan tugas sangat diperlukan guna penyusunan  laporan yang cepat dan tepat.
  1. Saran
    1. Diharapkan dengan adanya program kerja ini dapat mewujudkan suatu mekanisme kerja yang harmonis , efektif dan efesien sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran yang diharapkan.
    2. Apabila setiap pelaksana yang terkait didalam kegiatan ini memahami aturan yang telah ditetapkan ,Insya Allah rencana kerja yang diprogramkan akan tercapai dengan baik.

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Syarat PPDB 2023-2024

Persyaratan Pendaftaran Bukti PPDB Online SMPM3 Wonosobo Fotocopy Akta Kelahiran Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Foto Berwarna 3x4 (3 lembar) Uang Pendaftaran Rp. 30.000,- Link pendaftar

06/02/2021 13:20 - Oleh Administrator - Dilihat 620 kali
Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana Gedung Tingkat 2 Toilet Masjid Perpustakaan Internet Ruang Baca Laboratorium

05/02/2021 10:09 - Oleh Administrator - Dilihat 593 kali
Komite Sekolah

STRUKTUR KOMITER SMP MUHAMMADIYAH 3 WONOSOBO

05/02/2021 10:09 - Oleh Administrator - Dilihat 693 kali
Kegiatan Ekstra

Kegiatan Upacara Bendera Rutinitas Setiap Hari Senin Kegiatan PRAMUDA SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo   Kegiatan PRAMUDA SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo   Kegiatan PRAMUDA SMP Muh

04/02/2021 17:07 - Oleh Administrator - Dilihat 694 kali
Download Perangkat

Perangkat Pembejalaran SMP Silahkan Downloan dengan mengklik Disini (*) Kalender Pendidikan >> klik disini (*) Absen Siswa >> klik disini (*) Matematika Kelas VII Ganjil >

04/02/2021 16:46 - Oleh Administrator - Dilihat 1291 kali