Program Kerja
PROGRAM RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH
( RKKS )
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
SMP MUHAMMADIYAH 3 WONOSOBO
JLN. RAYA WONOSOBO, PEKON SOPONYONO, KEC. WONOSOBO, KAB. TANGGAMUS
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN TANGGAMUS
PROPINSI LAMPUNG
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, Tanggamus untuk jangka menengah dan jangka panjang .
Kami semua menyadari bahwa RKKS SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo yang kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari berbagai pihak yang berkompeten dan berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan, khususnya di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, untuk perbaikan penyusunan RKS di masa yang akan datang .
Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan RKKS SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo ini
Akhirnya kami berharap semoga RKS ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 wonosobo untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 dan juga untuk kurun waktu 4 (empat) tahun ke depan, sehingga Visi dan Misi SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo dapat dicapai/di wujudkan dengan baik, semoga
Tanggamus, 15 Juli 2019
Penyusun,
LINA YATI,S.Pd
DAFTAR ISI
Halaman Judul ……………………………………………………………………………………….. … i
Halaman Pengesahan ………………………………………………………………………………. … ii
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………. … iii
Daftar Isi …………………………………………………………………………………IV
BAB I : PENDAHULUAN ………………………………………………………………
- Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Sekolah ……………………………………. … 1
- Tujuan dan Manfaat RKS …………………………………………………………………… …
- Landasan Hukum ………………………………………………………………………………. …
BAB II : VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH ………………………………..
- Visi Sekolah ……………………………………………………………………………………… …
- Misi Sekolah ………………………………………………………………………………………….
- Tujuan Sekolah ………………………………………………………………………………………
BAB III : PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH ……………………………
- Sasaran …………………………………………………………………………………………
- Program ………………………………………………………………………………………
- Indikator Keberhasilan ……………………………………………………………………… …
- Kegiatan …………………………………………………………………………………………
- Jadwal Kegiatan ……………………………………………………………………………….. …
- Penanggung Jawab ……………………………………………………………………………. …
BAB IV : PENUTUP ……………………………………………………………….
- Simpulan …………………………………………………………………….
- Kesimpulan …………………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya SMP Muhammadiyah 3 wonosobo
SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo berdiri sejak tahun 1980. Sekolah ini berdiri di Pekon Soponyono ,Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus. Sebagai Unit Sekolah di pedesaan, kondisi sekolah saat itu sangat terbatas baik pendidik, tenaga kependidikan, sarana prasarana, maupun fasilitas – fasilitas lainnya, namun dengan semangat dari dewan guru sehingga proses belajar dapat berjalan secara efktif dan efesien.
SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo rupakan sekolah swasta yang berada di Kecamatan Wonosobo, menempati tanah seluas 750 m2 / SHM. Lokasi sekolah strategis di pinggir jalan raya tp termasuk berada di pedesaan memberikan nuansa tenang karena jauh dari kebisingan kota serta sangat aman karena peran serta masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan sekolah dan masih memegang teguh semangat kekeluargaan, dan semangat gotong royong, sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi keberadaan sekolah, dimana masyarakat merasa ikut memiliki.
SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo hanya didukung oleh 6 Sekolah Dasar, di karenakan terbatas lokal sehingga Tahun Pelajaran 2019/2020 hanya menerima pendaftar peserta didik 4 lokal, yaitu sejumlah 119 siswa.
Kondisi masyarakat lingkungan sekolah yang terletak didaerah pedesaan, boleh dikatakan masyarakat telah memiliki wawasan yang relatif memadai terhadap perkembangan kemajuan pendidikan di daerah itu. Akses menuju ke ibu kota kecamatan kurang lebih 3 km, Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dan selebihnya sebagai Pedagang dan Pegawai Negeri dan karena SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo merupakan sekolah swasta yang berada di pekon Soponyono, maka masyarakat sangat mendukung untuk kemajuan sekolah ini.
Namun demikian kondisi sosial ekonomi orang tua atau wali siswa rata-rata menengah ke bawah, namun tingkat kepedulian cukup. Kondisi ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi perkembangan pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo, misalnya partisipasi orang tua dalam hal pendanaan tidak ada, hal ini menyebabkan pengadaan sarana dan prasarana hanya bertumpu pada bantuan pemerintah. Dengan visi dan misi yang jelas, pelan namun pasti perkembangan pengadaan sarana dan prasaran pembelajaran dapat meningkat / bertambah meskipun secara bertahap.
Fasilitas yang dimiliki SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo lain ruang kelas sejumlah 10 ruang kelas, ruang guru 1, ruang kepala sekolah 0, rumah jaga 1, WC siswa 4, WC guru 0, lapangan olah raga, dalam hal sarana pembelajaran SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo memiliki sarana untuk kegiatan pembelajaran, IPS, Matematika, dan oleh raga. SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo telah menerapkan Kurikulum 13 dan pada tahun 2013 dan telah memberlakukan implemetasi Kurikulum 2013 untuk kelas VII dan VIII, IX
SMP Muhammadiyah 3 wonosobo memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebagai berikut, tenaga guru sejumlah 34 orang , dan tenaga tata usaha 3 orang PTT. Kondisi guru di SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo 100 % berkualifikasi ijazah S1 / Akta IV, selebihnya belum S1.
Tujuan dan Manfaat RKKS
- Manfaat Penyusunan RKKS
Penyusunan RKKS/RKM merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS/RKM dapat digunakan sebagai:
1.1. Pedoman kerja (kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah;
1.2. Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah; serta
1.3 Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.
II.Tujuan Penyusunan RKKS
Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai.
- Landasan Hukum
- Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48
- Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan 53
- Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2
- Kepmendiknas 129a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan dalam 3.1
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
- Visi :
“ Islami, Cedas, Trampil, Mandiri, dan Berprestasi”
Indikator :
1.Unggul dalam pemahaman dan Pelaksanaan Ajaran Agama Islam
- Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
- Unggul dalam sistem pendidikan yang bertumpu pada IMTAQ (Iman dan Taqwa) serta IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
- Mampu Membangun kepercayaan dan kemitraan dengan Orang Tua Murid dan Masyarakat sekitar
- Misi :
Berdasar Visi tersebut, SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo menetapkan misi sebagai acuan pelaksanaan program yang akan dilaksanakan, visi tersebut adalah sebagai berikut :
- Menumbuhkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam bagi seluruh warga sekolah
- Melaksanakan pelayanan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
- Meningkatkan kinerja dan profesional guru dan pegawai dalam berbagai kegiatan
- Menumbuhkan semangat apresiasi seni, olah raga dan iptek pada seluruh warga sekolah
- Menjadikan siswa-siswa yang penuh kreatifitas, inovatif dan mampu menyerap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Menerapkan disiplin dalam berbagai kegiatan
- Mengoptimalkan pencapaian prestasi akademik dan non akademik
- Tujuan
Tujuan yang akan Dicapai SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo meliputi :
Tujuan Jangka Pendek :
1.Terwujudnya sekolah Islam yang berprestasi dalam penerapan nilai-nilai keislaman
3.Terwujudnya lulusan yang berakhlaqul karimah
4.Terwujudnya lulusan yang mencintai Al Qur’an dan mampu membaca dengan baik dan benar.
5..Mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan bakat dan minat anak.
6.Menegakkan pelaksanaan tata tertib dan Kedisiplinan di sekolah.
7.Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, Sehat, nyaman dan kondusif untuk belajar
8.Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana
9.Terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antar warga sekolah dan
10.Terwujudnya lulusan yang berprestasi secara akademik dan non akademik
Tujuan Jangka Panjang :
- 90 % siswa mampu baca tulis Al Qur’an.
- 100% siswa melaksanakan shalat wajib 5 waktu
- 100% siswa melaksanakan shalat Dhuha
- 100 % siswa mampu mengoperasikan komputer.
- 100% lulusan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
- Berprestasi dalam lomba olah raga dan seni.
- Terciptanya suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan
- Memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan
- Kegiatan ekstrakurikuler diikuti oleh semua siswa
- Tata Tertib Sekolah 100 % diketahui siswa dan dijalankan secara maksimal
- Terwujudnya kehidupan sekolah yang Islami.
- Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana 50%
BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH
- SASARAN
Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Tersedianya dokumen Kurikulum 13 seluruh mata pelajaran
- Guru paham tentang Kurikulum 13
- Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
- Guru paham dan mampu membuat PTK
- Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
- Meningkatnya minat baca siswa
- Perpustakaan yang representatif
- Guru paham tentang kecakapan hidup
- Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
- Semua guru NON PNS
- 3 guru NON PNS lolos sertifikasi
- Organisasi dan kelembagaan
- Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
- Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
- Sarana dan Prasarana
- Tersedianya Ruang Kepala sekolah dan wakil
- Tersedianya Ruang Guru
- Tersedianya Ruang TU
- Tersedianya Ruang UKS
- Tersedianya Ruang OSIS
- Tersedianya Gudang
- Tersedianya Tempat Parkir
- Tersedianya Kantin Dan Koperasi
- Tersedianya Ruang Kelas Baru
- Penyediaan air bersih
- Ketenagaan
- Tersedianya program kehumasan
- Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
- Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
- Pembiayaan dan pendanaan
- Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
- Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
- Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
- Tersusunnya RKAS tepat waktu
- Adanya peningkatan Honorium guru
- Peserta Didik
- Penerimaan Siswa Baru
- Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakulkuer
- Peran serta Masyarakat
- Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
- Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
- Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
- Lingkungan dan Budaya Sekolah
- Pasang paping halaman sekolah
- Pembuatan taman sekolah
- Perbaikan WC
- Pembuatan tempat sampah
- Pembuatan UKS
- Pembuatan Kantin/Koperasi sekolah
- Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.
II.PROGRAM
Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan
Berikut ini kami uraikan program sekolah per-kategori:
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Pembuatan Kurikulum 13, Silbabus dan RPP
- Peningkatan kompetensi guru
- Pengadaan / penggantian buku pelajaran
- Standar ideal jam mengajar
- Penambahan buku-buku yang menarik
- Penugasan studi literatur di perpustakaan
- Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
- Rapat Pembinaan
- Organisasi dan kelembagaan
- Pembuatan usulan peraturan
- Pembuatan program kerja
- Sarana dan Prasarana
- Pembangunan Gudang
- Pembuatan tempat Parkir
- Pembuatan ruang OSIS
- Pembuatan UKS
- Pembuatan Kantin/Koperasi sekolah
- Pembuatan Tempat sampah
- Perbaikan WC
- Pengadaan perabot pengganti
- Pengadaan Ruang Kepala Sekolah
- Pengadaan Ruang Guru,Wakil,dan Staff
- Perbaikan perabot rusak
- Pengadaan komputer untuk UNBK dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.
- Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
- Ketenagaan
- Pembuatan program kehumasan
- Sosialisasi pola kerjasama
- Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung
- Pembiayaan dan pendanaan
- Penyusunan RKAS
- Menjalin kerjasama dengan stakeholder
- Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
- Kesejahteraan guru dan staff honorer
- Peserta Didik
- Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru
- Pelaksanaan Kegiatan Estrakurilkuler
- Peran serta Masyarakat
- Sosialisasi program sekolah dan peran komite
- Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
- Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
- Pertemuan dengan komite sekolah
- Kerjasama dengan lembaga masyarakat
- Lingkungan dan Budaya Sekolah
- Pembuatan taman sekolah
- Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.
INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:
1.Kurikulum dan Pembelajaran
- Tersedianya dokumen Kurikulum 13 secara lengkap
- Guru mampu membuat dokumen KTSP
- Adanya Kurikulum 13
- Tersedianya silabus sekolah sesuai standar isi
- Tersedianya literatur tambahan
- Jam mengajar guru Sertifikasi minimal 24 jam
- Tersedianya buku pelajaran
2.Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah
- Guru-guru NON PNS lolos sertifikasi
3.Organisasi dan kelembagaan
- Usulan peraturan terbentuk
- Terselesaikannya program kerja
4.Sarana dan Prasarana
1.Tersedianya ruang Kepala sekolah
- Tersedianya Ruang Guru
- Tersedianya Ruang Staff
- Tersedianya Ruang UKS
- Tersedianya Ruang OSIS
7.Tersedianya ruang Perpustakaan
- Penggantian dan perbaikan perabot rusak
9.Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi
10.Laboran terampil menggunakan lab IPA
11.Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan
13.Tersedianya Musola
14.Tersedianya air bersih yang memadai
15.Tersedianya Kantin
5.Ketenagaan
1.Terbuatnya program kehumasan
2.Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
3.Pembiayaan dan pendanaan
4.Jumlah siswa baru meningkat
5.Tersusunnya RKABS tepat waktu
6.Adanya peningkatan Kesejahteraan Guru dan Staff
6.Peserta Didik
1.Terselenggarannya kegiatan PSB
2.Terselenggaranya kegiatan Ekstrakurikuler
7.Peran serta Masyarakat
1.Komite memahami tugas dan perannya
2.Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi
3.Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah
4.Adanya pertemuan rutin dengan komite
8.Lingkungan dan Budaya Sekolah
1.Pembuatan taman sekolah
- Pemasangan Cor/ Paping
- Pembuatan tempat sampah sekolah
4.Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stokholder sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.
KEGIATAN
Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan, dan dapat diperkirakan biaya atau anggarannya.
Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan sekolah per-kategori:
1.Kurikulum dan Pembelajaran
- Rapat Rutin Pembinaan
- Pelaksanaan pembuatan Kurikulum 13, Silabus dan RPP
- Pengadaan buku-buku pelajaran
- Pengadaan literatur tambahan
- Penyesuaian jam mengajar
2.Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Rapat koordinasi guru dan karyawan
2.Pembinaan
3.Pembagian Tugas Administrasi
3.Organisasi dan kelembagaan
1.Koordinasi dan pembuatan usulan peraturan sekolah
2.Pembuatan Program Kerja
4.Sarana dan Prasarana
- Pengadaaan Ruang Kepala Sekolah
- Pengadaan Ruang Guru dan Staff TU
- Pengadaan Tempat parkir
- Pengadaan Gudang
- Pengadaaan Ruang perpustakaan
- Pengadaan Paping/cor halaman sekolah
- Perbaikan Toilet guru dan siswa
- Pembuatan Tempat sampah
- Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana
- Pengadaan dan Perbaikan komputer dan printer
5.Ketenagaan
1.Penyusunan program kehumasan
2.Sosialisasi pola kerjasama
3.Pengajuan tambahan tenaga pendukung
6.Pembiayaan dan pendanaan
1.Meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
2.Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah
3.Pembuatan program kerjasama dengan pihak lain
4.Peningkatan kerjasama dengan stakeholder
5.Penyusunan RKAS
7.Peserta Didik
1.Pelaksanaan penerimaan siswa baru
2.Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah
3.Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
8.Peran serta Masyarakat
1.Mengundang semua orang tua siswa
2.Membentuk pengurus komite sekolah
3.Sosialisasi program sekolah
4.Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan sekolah
5.Melibatkan komite dalam program-program sekolah
6.Pertemuan dengan komite
7.Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat
9.Lingkungan dan Budaya Sekolah
1.Selesainya Pembuatan taman sekolah
- Pemasangan paping / cor halaman sekolah
3.Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.
JADWAL KEGIATAN
Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki sekolah/madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.
Berikut ini kami tampilkan kegiatan sekolah:
TABEL JADWAL KEGIATAN
NO. |
SASARAN |
PROGRAM |
SEMESTER 1 |
SEMESTER 2 |
1 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Pembuatan Kurikulum 13, Silbabus dan RPP
|
√ |
√ |
2 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Peningkatan kompetensi guru |
√ |
√ |
3 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran |
√ |
√ |
4 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Standar ideal jam mengajar |
√ |
√ |
5 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Penambahan buku-buku yang menarik |
|
√ |
6 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Penugasan studi literatur di perpustakaan |
√ |
√ |
7 |
Guru |
Peningkatan kompetensi guru |
√ |
√ |
8 |
Guru |
Standar ideal jam mengajar |
√ |
|
9 |
Perpustakaan |
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan |
√ |
|
10 |
Administrasi dan Manajemen Sekolah |
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan |
|
√ |
11 |
Administrasi dan Manajemen Sekolah |
Rapat Pembinaan |
√ |
√ |
12 |
Organisasi dan Kelmabagaan |
Pembuatan usulan peraturan |
√ |
√ |
13 |
Organisasi dan Kelmabagaan |
Pembuatan program kerja |
√ |
√ |
14 |
Sarana dan Prasarana |
Pembangunan Ruang Kelas Baru |
||
15 |
Sarana dan Prasarana |
Pembangunan Ruang Lab Komputer |
|
√ |
16 |
Sarana dan Prasarana |
Pengadaan perabot pengganti |
√ |
√ |
17 |
Sarana dan Prasarana |
Perbaikan perabot rusak |
|
√ |
pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA |
√ |
|||
18 |
Sarana dan Prasarana |
Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya. |
|
√ |
19 |
Sarana dan Prasarana |
Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan computer |
|
√ |
20 |
Ketenagaan |
Pembuatan program kehumasan |
√ |
√ |
21 |
|
Sosialisasi pola kerjasama |
|
√ |
22 |
Pembiayaan dan pendanaan
|
Penyusunan RKAS |
√ |
|
23 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Menjalin kerjasama dengan stakeholder |
√ |
√ |
24 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Komunikasi yang intensif dengan stakeholder |
√ |
|
25 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Kesejahteraan pegawai khususnya Guru dan Staff |
√ |
√ |
32 |
Peserta didik |
Pelaksanaan penerimaan siswa baru |
√ |
√ |
33 |
Peserta didik |
Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah |
√ |
√ |
34 |
Peserta didik |
Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler |
√ |
√ |
36 |
Peran serta Masyarakat |
Sosialisasi program sekolah dan peran komite |
√ |
√ |
37 |
Peran serta Masyarakat |
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite |
√ |
√ |
38 |
Peran serta Masyarakat |
Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah |
√ |
√ |
39 |
Peran serta Masyarakat |
Pertemuan dengan komite sekolah |
√ |
√ |
40 |
Peran serta Masyarakat |
Kerjasama dengan lembaga masyarakat |
√ |
√ |
41 |
Lingkungan dan Budaya Sekolah |
Pembuatan taman sekolah |
√ |
√ |
42 |
Lingkungan dan Budaya Sekolah |
Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman. |
√ |
√ |
PENANGGUNG JAWAB
Setelah program dirumuskan, maka perlu ditentukan siapa penanggung jawab program. Penanggung jawab program adalah perseorangan yang ditunjuk untuk mengkoordinir pelaksanaan program sesuai dengan bidangnya.
Berikut ini kami uraikan mengenai penanggung jawab tiap program sekolah yang akan dilaksanakan:
TABEL PENANGGUNG JAWAB PROGRAM
NO. |
PROGRAM |
PENANGGUNG JAWAB |
1 |
Pembuatan Kurikulum 13, Silbabus dan RPP
|
Kepala Sekolah dan Urusan Kurikulum |
2 |
Peningkatan kompetensi guru |
Kepala Sekolah |
3 |
Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran |
Kepsek dan Urusan Sarana dan prasrana |
4 |
Standar ideal jam mengajar |
Kepala Sekolah dan Wakasek |
5 |
Penambahan buku-buku yang menarik |
Urusan kurikulum dan Sarpras |
6 |
Penugasan studi literatur di perpustakaan |
Semua Guru |
7 |
Peningkatan kompetensi guru |
Kepala Sekolah |
8 |
Standar ideal jam mengajar |
Wakasek dan Urusan Kurikulum |
9 |
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan |
Kepala Sekolah |
10 |
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan |
Kepala Sekolah |
11 |
Rapat Pembinaan |
Wakasek dan Urusan kesiswaan |
12 |
Pembuatan usulan peraturan |
Kepala Sekolah |
13 |
Pembuatan program kerja |
Kepsek dan semua urusan |
14 |
Pembangunan Ruang Kelas Baru |
Kepsek |
15 |
Pembangunan Ruang Lab Komputer |
Kepsek, Wakasek,Waka Sapras |
16 |
Pengadaan perabot pengganti |
Urusan Sarana |
17 |
Perbaikan perabot rusak |
Urusan sarana |
18 |
pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA |
Kepala Sekolah dan urusan sarana |
Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya. |
Kepala Sekolah dan urusan sarana |
|
19 |
Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer |
Wakasek dan urusan sarana |
Pembuatan program kehumasan |
Urusan humas |
|
Sosialisasi pola kerjasama |
Kepala sekolah dan urusan humas |
|
Penyusunan RKAS |
Kepala Sekolah dan Bendara BOS |
|
20 |
Menjalin kerjasama dengan stakeholder |
Urusan humas |
Komunikasi yang intensif dengan stakeholder |
Urusan humas |
|
Kesejahteraan pegawai khususnya TKS |
Kepsek dan Bendahara BOS |
|
21 |
Pelaksanaan penerimaan siswa baru |
Urusan Kesiswaan |
Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah |
Wali Kelas, dan Urusan Kesiswaan |
|
22 |
Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler |
Guru Pembina Ekstrakurikulet, Urusan Kesiswaa dan OSIS |
23 |
Sosialisasi program sekolah dan peran komite |
Kepsek danUrusan Humas |
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite |
Urusan Humas |
|
Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah |
Urusan Humas |
|
24 |
Pertemuan dengan komite sekolah |
Kepsek dan Humas |
25 |
Kerjasama dengan lembaga masyarakat |
Wakasek Humas |
Pembuatan taman sekolah |
Wakasek Humas dan Sarana |
|
26 |
Menanamkan kesadaran perlunya kterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman. |
Urusan Kesiswaan, Kaur TU |
BAB VI
PENUTUP
- Simpulan
- Keberhasilan dan kelancaran suatu kegiatan diperlukan sarana penunjang yang lengkap, perencanaan yang matang dan pembagian tugas yang jelas.
- Agar semua hambatan yang mungkin timbul dapat dikurangi semaksimal mungkin diperlukan pengawasan dan pembinaan yang baik disertai rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dari seluruh aparat pelaksana.
- Pengumpulan data yang akurat dan ketelitian dalam setiap melaksanakan tugas sangat diperlukan guna penyusunan laporan yang cepat dan tepat.
- Saran
- Diharapkan dengan adanya program kerja ini dapat mewujudkan suatu mekanisme kerja yang harmonis , efektif dan efesien sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran yang diharapkan.
- Apabila setiap pelaksana yang terkait didalam kegiatan ini memahami aturan yang telah ditetapkan ,Insya Allah rencana kerja yang diprogramkan akan tercapai dengan baik.
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Syarat PPDB 2023-2024
Persyaratan Pendaftaran Bukti PPDB Online SMPM3 Wonosobo Fotocopy Akta Kelahiran Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Foto Berwarna 3x4 (3 lembar) Uang Pendaftaran Rp. 30.000,- Link pendaftar
Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana Gedung Tingkat 2 Toilet Masjid Perpustakaan Internet Ruang Baca Laboratorium
Komite Sekolah
STRUKTUR KOMITER SMP MUHAMMADIYAH 3 WONOSOBO
Kegiatan Ekstra
Kegiatan Upacara Bendera Rutinitas Setiap Hari Senin Kegiatan PRAMUDA SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo Kegiatan PRAMUDA SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo Kegiatan PRAMUDA SMP Muh
Download Perangkat
Perangkat Pembejalaran SMP Silahkan Downloan dengan mengklik Disini (*) Kalender Pendidikan >> klik disini (*) Absen Siswa >> klik disini (*) Matematika Kelas VII Ganjil >